Labels

Iklan

Sebuah cerita tentang plinc dan feyl (Cerpen ceriaku membawaku terbang meraih mimpi)

Muhammad Zaki Al Aziz
December 21, 2010
Last Updated 2010-12-21T10:27:42Z
masukkan script iklan disini


-sebuah cerita tentang plinc dan feyl-

Alkisah hiduplah seorang laki-laki yang bernama “ plinc “ yang lahir didalam kesepian hutan kiffayah, ternyata hidup seorang diri tak membuat dia gentar untuk melawan semua rintangan yang ia hadapi, meskipun kelabu sekalipun, dia selalu tersenyum melewatinya. Hanya suara alamlah yang selalu menemani dia, baik ketika dia ingin tidur ataupun ketika dia terbangun, suara-suara alam itu selalu menyambutnya senang.
Suatu hari dia pergi kesungai jiyasah hendak mencari ikan, sesampainya ditepi sungai dia memperhatikan keadaan sekitar nan indah dan sejuk layaknya disurga sana, sekalipun terdengar aneh tapi dia juga merasakan nada-nada harmonis yang mmbuat jiwanya merinding tersenyum. Nada-nada alami yang indah itu membuat dia gembira ( sambil melihat kelangit dia berkata “ bawalah aku kesana “ ). Selain nada-nada yang menghiasi hari cerah ini, ternyata irama harmoni itu membuat ikan-ikan bernari diiringi gemercik air keabadian ceria.
Tapi sayang plinc harus menangkap ikan-ikan yang sedang menari itu, plinc berharap ikan-ikan akan lebih mendapatkan kebahagian abadi dialam sana, tiba-tiba ikan-ikan itu menghampiri sendiri ke tempat dimana plinc berdiri ( ditepi sungai ).
Sekembalinya dia ke rumah pohonya, dia bertemu dengan “ kupu-kupu “ yang sedang bersedih sambil merundukan kepalanya tepat diatas daun nan hijau itu, plinc pun mengahmpiri kupu-kupu itu :

• Plinc : hey kau makhluk cantik bersayap, kenapa kau bersedih dihari yang cerah ini?
• Kupu2: hari yang cerah selalu membuatku tertawa, tapi keadaanku sekarang membuatku ingin menangis.
• Plinc : ceritakanlah kesedihanmu, berbagilah rasa sedih itu bila itu membuatmu bias bahagia kembali.
• Kupu2: sayap kiriku terluka oleh tangkai bunga indah itu?aku tidak bias mengitari lagi keindahan yang lainnya.
• Plinc : dengan senang hati aku akan coba menolongmu untuk bias terbang dan kembali terbang ke tempat dimana kau menemukan kebahagiaan
• Kupu2: (dia tersenyum malu ) mengapa engkau begitu baik, aku akan berhutang budi padamu.
• Plinc : bolehkah aku tahu siapa namamu?
• Kupu2 : panggil sajah aku layaknya mereka memanggilku “ feyl “

Akhirnya plinc membawa feyl yang sedang terluka itu ke rumah pohonya tidak jauh dari tempat itu, Plinc mulai berpikir bagaimana caranya mengenbalikan dan menyembuhkan sayap-sayap feyl, hasilnya nihil. Tapi plinc selalu ingin membuat feyl ceria dan bahagia, sambil berpikir bagaimana mencari obat untuk menyembuhkan lukanya itu. Feyl merasakan adanya kebahagian yang didapat setelah berteman dengan plinc, seakan dia lupa dengan luka-luka disayapnya itu.
Suatu hari feyl bertanya ke plinc:
• Feyl : Plinc, apakah kau ingin tahu bagaimana keadaanku sekarang?aku sudah tidak merasakan sakit lagi. Itu berkat kamu plinc.
• Plinc : ( terkejut dan tersenyum )bagaimana mungkin feyl, aku belum merasa mengobati luka-lukamu.
• Feyl : aku juga tidak tahu plinc, tapi selama aku bersamamu aku merasa bahagia, tidak seceria dulu, mungkin kebahagiaan itulah yang membuat luka-lukaku hilang dan aku bias terbang lagi membawa kebahagiaan kepada yang lainnya.
• Plinc : aku bahagia mendengarnya feyl, semoga kau bias terbang lebih jauh ketempat abadi.
• Feyl : kamu percaya ada kehidupan indah diluar sana?

Ternyata benar apa yang dikatakan feyl, dia bias terbang lagi menghinggapi daun-daun yang layu itu, dan terbang ke tempat dia belum menginjakinya.
Beberapa hari berpisah dengan plinc, ternyata membuat feyl merasa kesepian, begitu juga plinc, kerjanya dia cuman duduk sambil menatap kea rah langit sana dirumah pohonnya.

Akhirnya feyl memutuskan untuk menemui plinc lagi, plinc yang kebetulan sedang diatas rumahnya terkejut dengan kedatangan feyl yang tiba-tiba, tapi akhirnya dia tersenyum. Akhirnya plinc dan feyl bias bermain kembali seperti sedia kala, perasaan bahagia dan ceria mewarnai hidup-hidup mereka, tapi ada satu keinginan feyl buat plinc, sebagai tanda terima kasihnya ketika waktu itu. Feyl ingin mengajarkan bagaimana cara terbang ke plinc, plinc sangat bahagia sekali sekaligus kaget.

Plinc selalu ingin terbang menjelajahi dunia-dunia yang belum pernah ia kunjungi, dan ia percaya bahwa jauh dilangit sana terdapat kehidupan yang abadi dipenuhi orang-orang yang selalu memaknai hidup dengan senyuman. Dan mungkin dengan terbang inilah mungkin plinc bias mewujudkan mimpi-mimpinya yang tertunda.
Tapi ketika menjalani latihan selam 3 hari, plinc tetep tidak bias terbang-terbang, yang dia dapat malahan bengkak ditubuhnya, benjol dikepalanya ( sambil tertawa plinc terus berusaha berlatih ). Sampai malampun tiba plinc istirahat sejenak diatas pohon besar menjulang ke langit.

Pada waktu itu feyl ingat sesuatu ketika sayapnya sedang luka, ceria dan perasaan gembiralah yang kembali membuat dia bias terbang lagi, dan mungkin itu bisa membantu plinc untuk bisa terbang, awalnya plinc ragu, tapi dia mulai melihat keatas langit dan bermimpi, berkhayal, semua rasa ceria dan bahagia ia curahkan menjadi satu pijakan untuk terbang.

Ketika dia memejamkan mata dia tidak merasakan bahwa plinc telah dibawa terbang oleh feyl, dia tidak sedang berdiri diatas pohon lagi, dia tidak sadar sebelum akhirnya ia membuka matanya dan akhirnya dia terkejut. Seketika itu dia tertawa lepas bahagia terdengar keseluruh hutan kifayyah. “ Akhirnya aku bisa terbang “ itulah kalimat yang pendek tapi memiliki makna yang akan membuat cerita baru dalam hidupnya.
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl