Labels

Iklan

Leaves of Grass (Walt Whitman)

Muhammad Zaki Al Aziz
December 21, 2010
Last Updated 2010-12-21T09:38:04Z
masukkan script iklan disini

Leaves of grass adalah maha karya yang ditulis oleh Walt Whitman, karya ini mendapat tanggapan yang sangat bagus sekali oleh bangsa amerika pada saat itu, karena didalam isinnya leaves of grass menceritakan tentang keadaan-keadaan yang dialami ataupun hal yang diketahui walt Whitman selama hidupnya, baik itu tentang pendidikan, politik, isu perbudakan, cinta dan sebagainnya, Tempat latarnya adalah amerika itu sendiri yang dimana pada waktu itu masih mencari identitas, amerika dulu tidak sebesar dengan amerika yang kita kenal sekarang, selalu ada proses yang melatar belakangi amerika menjadi Negara yang begitu maju sekali.

Salah satu factor yang mempengaruhi perkembangan amerika dan bangsa-bangsanya mungkin dengan adanya buku ini yang hamper semua isi mencaritakan tentang keadaan bangsa amerika pada zamannya, ketika kita membaca puisi song’s of my life dibagian pertama, author bisa menyajikan imajinasi kata yang bisa membuat kita masuk dan merasakan apa yang terjadi di tahun 1800 an tentunya tergantung pandangan anda bagaimana melihatnya.

Salah satu puisi yang paling dikagumi dari walt Whitman adalah puisi yang berjudul Song’s of my life, yang berisikan rentetan arti dari apa yang walt Whitman alami dan diaplikasikan menjadi sebuah kata-kata yang menginspirasi. Dia menulis sesuai dengan pandangannya sendiri dan bagaimana dia memandang amerika itu sendiri, tentu saja selalu begitu karena kita ketahui bahwa seseorang menulis apa yang ia ketahui, sebenarnya tema seperti ini masih sama dengan puisi2 whitman lainnya, akan tetapi dalam song’s of myself puisi yang disajikan begitu lugasnya dan bisa menggiring kita dalam bayangan aslinya.

Setelah membaca-baca puisinya mungkin ada beberapa bagian yang diapaprkan Whitman dalam song’s of my self ada deskripsi tentang dirinya, ada juga yang tentang jiwa, nature, religion. Sebagai contoh untuk yang the self dari bait pertama dengan kata-katanya “ I celebrate myself, and sing myself, And what I assume you shall assume, For every atom belonging to me as good belongs to you. “ nah diatas sudah cukup jelas sekali kata-kata yang menginspirasi, yang Whitman sampaikan itu tidak lain mungkin sebuah ajakan untuk menjadi sepereti dirinya ( seperti ini dalam artian yang luas, dia berbahagia akan hidupnya, dia selalu tersenyum, dia selalu bernyanyi akan hidupnya yang bahagia ) dan pesan yang tersirat ialah pada kata what I assume you shall assume, apa yang aku punya/dapatkan kamu juga harus memakainya, untuk semua yang aku miliki menjadi bagus untuk kalian. Deskripsi sendiri tentang Whitman, bagaimana dia menyambungkan idennya memakai diri sendiri untuk menggambarkan apa yang sedang terjadi.

Secara baik Whitman menunjukan kepada kita sikap optimisnya untuk mengubah wajah amerika, kata dia semua orang itu sama, ketika kita hidup berbeda pada suatu tempat kita itu sama tumbuh dan berkembang dan itu yang menjadi metahapora dari rumput.

Nada-nada yang pada awalnya menggetarkan hati, tiba-tiba turun ketika Whitman menggambarkan tentang war ( soldier till die )

The soldier camp'd or upon the march is mine,
On the night ere the pending battle many seek me, and I do not fail them,
On that solemn night (it may be their last) those that know me seek me.
My face rubs to the hunter's face when he lies down alone in his blanket,
The driver thinking of me does not mind the jolt of his wagon,
The young mother and old mother comprehend me,
The girl and the wife rest the needle a moment and forget where they are,
They and all would resume what I have told them.

Whitman sepertinya tidak suka dengan cara orang ber emphaty berlebihan tentang apa yang akan terjadi jikalkau menjadi tentara untuk ikut berperang dan mati untuk selamanya, dan whitman malah melihat sebuah kematian itu bukan untuk ditakuti dia kematian itu alami, dia sangat tidak suka dengan keadaan pada waktu itu bahwa prajurit-prajurit menganggap perang, kematian sebagai momok yang sangat luar biasa sekali menganggu jiwanya. Untuk itu whitman menuliskan tentang war dalam puisi ini, untuk memotivasi generasi muda kayanya ckckckck…

Sekarang ini banyak orang-orang masih menganilis tentang leaves of grass ini, baik dari segi pemakaiaan katanya yang tersusun secara rapid an berurut ataupun belajar sejarah amerika dari pisi ini ….wkwkwkwkwk sudah ah…..
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl